Kelebihan Rangka Baja Ringan Dari Rangka Atap Kayu

Kelebihan Rangka Baja Ringan Dari Rangka Atap KayuKelebihan Rangka Baja Ringan Dari Rangka Atap KayuKetika kita menggunakan rangka baja ringan maka kita akan mudah untuk membangun rumah anda. Banyak sekali kelebihan rangka baja ringan yang akan didapatkan. Baja ringan dilapisi oleh campuran zinc dan alumunium yang disebut dengan zincalume. Sehingga apabila rangka terbuat dari baja ringan, maka akan tahan terhadap karat empat kali lebih dibandingkan dengan baja biasa yang hanya dilapisi oleh zinc saja. Material ini sengaja digunakan untuk kerangka agar tahan terhadap karat dan tidak mudah dimakan rayap, ataupun jamur. Rangka atap baja ringan sendiri ini dibuat di pabrik dalam beberapa bentuk. Baja profil C digunakan sebagai pembentuk rangka utama. Sedangkan profil U digunakan sebagai reng. Reng merupakan bagian rangka atau tempat untuk meletakkan penutup atapnya.

Dengan adanya rangka baja ringan maka kelebihan rangka baja ringan sendiri pemasangannya lebih cepat. Karena proses pembentukan baja profil ini dilakukan menggunakan mesin, sehingga ukuran setiap detail pada material ini sangat presisi. Semua sambungan menggunakan baut tanpa mur. Proses pemotongannya pun lebih mudah karena ketebalan material ini relatif kecil atau hanya 1 mm. Bobot rata-rata baja ringan ini hanya 9 kg/m2. Ini lebih ringan dibandingkan kayu yang bobotnya bisa mencapai 18 kg/m2 dan baja yang mencapai 25 kg/m2. Pemasangan rangka atap baja ringa ini hanya membutuhkan waktu separuh dari waktu pemasangan rangka atap kayu ataupun baja.

Selain itu kelebihan rangka baja ringan yaitu desain fleksibel. Karena pemasangan kerangka baja ringan ini menggunakan program komputer. Program ini memang dirancang khusus untuk desain struktur kuda-kuda atap. Meskipun produk rangka baja ringan ini tergolong masih baru di Indonesia akan tetapi, kurang lebih 2.500 bangunan sudah menggunakan material tersebut. Dengan rangka baja ringan, anda tidak perlu khawatir kalau rangka atap anda akan dimakan rayap ataupun akan mengalami karatan. Jadi, anda tidak akan mengeluh bangunan anda akan dimakan rayap. Dan bangunan menggunakan rangka baja ringan juga lebih fleksibel dibandingkan dengan menggunakan kayu ataupun baja biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *